Artikel

Data Keuangan AS yang Berpengaruh terhadap Pergerakan Harga Emas

foto

Data Keuangan AS yang Berpengaruh terhadap Pergerakan Harga Emas

Harga emas mempunyai korelasi negatif terhadap pergerakan USD. Demikian juga dengan hampir semua komoditas yang mempunyai denominasi dalam dollar. Jika dollar menguat, maka sebaliknya emas akan tertekan.

Pergerakan dollar sendiri dipengaruhi oleh beberapa factor, antara lain supply & demand, sentimen dan psikologi pasar, serta faktor teknis. Yang termasuk sentimen dan psikologi pasar adalah sikap pasar terhadap laporan keuangan AS yang baru di release, diantaranya yaitu:

1. Nonfarm Payroll

Laporan ini dikeluarkan oleh U.S. Department of Labor Bureau of Labor Statistics yang menunjukkan pengurangan dan penambahan jumlah lapangan kerja setiap bulannya pada akhir pekan. Data ini merupakan indicator yang ditunggu oleh the Fed terkait kesehatan pasar tenaga kerja untuk meningkatkan suku bunga. Jika suku bunga tinggi artinya menarik untuk investor sehingga permintaan terhadap dollar meningkat dan artinya bearish terhadap emas.

2. Trade Balance

Laporan ini dikeluarkan bulanan oleh Bureau of Economic Analysis dan US Census Bureau, menunjukkan aktivitas ekspor dan impor. Jika impor melebihi ekspor, maka dikatakan neraca defisit atau sebaliknya jika ekspor lebih dari impor maka disebut surplus. Kondisi defisit tidak menguntungkan bagi dollar karena permintaan terhadap barang impor lebih tinggi, demikian juga dengan permintaan mata uang asing.

3. Gross Domestic Product

Adalah data produk dan layanan jasa yang dihasilkan suatu wilayah selama periode waktu tertentu sebagai ukuran kemakmuran. Laporan ini dikeluarkan oleh The Bureau of Economic Analysis pada akhir bulan. Jika GDP meningkat, suku bunga akan cenderung meningkat sehingga menguatkan dollar dan menekan emas.

4. Retail Sales

Merupakan ukuran aggregate penjualan barang-barang retail selama jangka waktu tertentu. Tingkat penjualan tinggi menunjukkan ekonomi dan dollar yang kuat demikian juga jika sebaliknya. Laporan ini dikeluarkan setiap pertengahan bulan oleh Census Bureau and the Department of Commerce

Volatilitas dollar karena laporan tersebutu juga akan tercermin pada pergerakan harga emas pada arah yang berlawanan, misal dalam bentuk spike yang sifatnya short term. Sedangkan untuk jangka panjang lebih dipengaruhi oleh faktor fundamental lainnya.

Nuning Septi Wahyuningtyas

BERITA


ACARA


ARTIKEL


Servis






Galeri Foto

portfolio7

Galeri

Detail Galeri

portfolio7

Galeri

Detail Galeri

portfolio7

Galeri

Detail Galeri

portfolio7

Galeri

Detail Galeri

portfolio7

Galeri

Detail Galeri