Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Mengenal Istilah Investasi Emas: Bekal Penting Sebelum Memulai!
NEWS

Mengenal Istilah Investasi Emas: Bekal Penting Sebelum Memulai!

27 Sep 2024
Share:

''

Sob pernah dengar istilah-istilah unik seputar emas? Banyak istilah yang mungkin belum familiar di telinga kita saat membahas tentang logam mulia. Kalau Kamu baru mulai nabung emas, perlu tahu istilah-istilah investasi emas dari yang umum sampai yang jarang terdengar. Yuk simak artikel berikut, agar kamu lebih makin #Melek Emas dan #UntungPunyaEmas!

Emas ANTAM LM

Sobat Mulia, pasti sudah familiar dengan istilah tersebut, akan tetapi yang perlu diketahui bahwa masih banyak yang menyebut hanya “Logam Mulia “. Jika ditelusuri lebih jauh, logam mulia ada berbagai macam jenisnya, tidak hanya saja emas. Emas ANTAM LM atau LM ANTAM merupakan singkatan dari Aneka Tambang Logam Mulia, atau Logam Mulia ANTAM yang merupakan emas batangan murni hasil produksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melalui Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia.

Safe Haven

Emas sering dianggap sebagai aset yang aman. Saat pasar finansial bergejolak, nilai emas cenderung stabil dan bahkan meningkat. Inilah mengapa banyak orang berinvestasi emas untuk melindungi kekayaan mereka.

Kadar

Terkait istilah kadar pasti masih lebih banyak ketika membeli emas nanyaiin ini berapa karat, ya kan???

Harus dipahami bahwa kadar merupakan aspek yang menunjukan tingkat kemurnian yang terkandung dari logam mulia emas tersebut. Jadi nanti kalau kamu mau beli, tanya nya berapa kadar nya, agar mendapatkan emas yang murni. Terdapat dua penyebutan emas murni yakni kadar 999.9 atau 99.99.

99,99% merupakan cara menyatakan kemurnian emas dalam bentuk persentase. Artinya, emas tersebut memiliki kemurnian sebesar 99,99% atau 24 karat, yang merupakan standar emas murni. Cara ini lebih umum digunakan dalam konteks perdagangan internasional atau ilmiah untuk menunjukkan kadar emas secara langsung dalam persentase.

Sedangkan 999,9 adalah cara menyatakan kemurnian emas dalam bentuk "millesimal fineness". Angka ini menunjukkan bahwa emas memiliki kemurnian 999,9 bagian per 1.000. Ini biasanya digunakan pada emas batangan atau koin emas untuk menunjukkan kemurnian dengan lebih rinci.

LBMA

Kenapa sih LBMA menjadi penting? masih ada yang belum tahukah?

Jadi LBMA adalah badan pembuat standar terkemuka untuk pasar wholesale global logam mulia. LBMA memastikan tingkat kepemimpinan, integritas, dan transparansi tertinggi bagi industri logam mulia global dengan menetapkan standar, memastikan integritas bisnis dan mengembangkan layanan pasar. Nah ANTAM LM sudah memiliki loh sertifikasi tersebut dari Lembaga tersebut.

Buyback

Terkait buyback, mungkin sebagian orang sudah mengetahui tentang istilah ini, tapi masih ada juga yang belum memahami istilah buyback.

Buyback adalah proses di mana penjual emas membeli kembali emas dari pelanggan atau orang. Harga buyback biasanya lebih rendah dari harga jual emas pada saat pembelian atau dikenal istilah lain nya (Bid-ask spread).

Troy Ounce

Sobat Mulia, yang sering mengikuti konten analisa harga emas yang dipublish di Youtube ANTAM Logam Mulia Analisa Harga Emas pasti sangat sering mendengar istilah Troy Ounce???

Troy Ounce adalah satuan berat yang umum digunakan untuk mengukur emas. Satu troy ounce setara dengan sekitar 31,1 gram.

Bearish dan Bullish

Wah,wah pasti makin bingung dengan istilah ini yang sering diucapkan di konten Analisa Harga dan Prediksi harga emas.

Jadi Bearish adalah kondisi dimana pasar sedang melemah atau harga akan turun. Sesuai dengan filosofinya, bearish berasal dari kata dasar ‘bear’ (beruang) dimana gerakan beruang ketika menyerang adalah dari atas ke bawah.

Sedangkan kebalikannya, Bullish ialah kondisi dimana pasar sedang naik atau menguat. Berasal dari kata dasar ‘bull’ (banteng) dimana gerakan banteng saat menyerang adalah dari bawah ke atas.

Kedua hal tersebut merupakan salah satu faktor untuk menunjukan kondisi harga emas sedang melemah atau menguat.

Hawkish dan Dovish

Berbicara dua istilah ini, tentu pasti masih banyak yang belum mengetahuinya. Istilah Hawkish dan Dovish ini merujuk ke pengertian kebijakan moneter, yang mana dalam pembentukan harga emas dunia, kebijakan moneter menjadi salah satu faktor yang menentukan.

Hawkish adalah kebijakan moneter yang cenderung agresif, seperti kenaikan suku bunga atau pengurangan stimulus ekonomi. Ini diambil dari filosofi ‘hawk’ atau elang yang cenderung agresif. Sedangkan Dovish kebijakan moneter yang cenderung longgar, seperti penurunan suku bunga atau peningkatan stimulus ekonomi. Hal ini sesuai dengan filosofi kata ‘dove’ atau merpati yang cenderung non-agresif.

Dua kondisi tersebut akan mempengaruhi kondisi harga emas, yang mana ketika hawkish emas akan tertekan sedangkan Dovish harga emas akan mengarah kearah positif atau menguat.

Bullion

Istilah untuk emas batangan atau koin yang diperdagangkan berdasarkan berat dan kadar kemurniannya. Biasanya digunakan sebagai investasi dan disimpan dalam bentuk fisik.

Spot Price

Harga emas saat ini di pasar dunia yang terus berubah mengikuti permintaan dan penawaran emas secara global. Ini adalah acuan harga yang digunakan saat membeli atau menjual emas.

Spread

Selisih antara harga beli dan harga jual emas. Spread ini penting buat kamu yang mau investasi emas, karena bisa mempengaruhi keuntunganmu.

Itulah beberapa istilah tentang emas yang mungkin sudah banyak mengetahui dan masih ada yang banyak belum mengenal. Semoga bermanfaat!

Untuk informasi lebih lanjut tentang ANTAM Logam Mulia, kunjungi media sosial di Instagram @antamlogammulia, call center 0804-1-888-888, atau WA ALMIRA (ANTAM LM Virtual Assistant) di nomor 0811-1002-002 (chat only). Ayo, lakukan pembelian emas ANTAM Logam Mulia di www.logammulia.com sekarang juga dan raih keuntungan dari investasi yang aman dan tepercaya!

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.