Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Berdasarkan Sifatnya
NEWS

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Berdasarkan Sifatnya

12 Jul 2023
Share:

''

Berinvestasi Emas memang sangat menggiurkan, apalagi di tengah-tengah masa resesi seperti saat ini. Emas memang dikenal sebagai logam mulia dengan nilai yang lebih stabil dibandingkan dengan mata uang. Logam mulia ini juga sangat cocok dijadikan instrumen investasi untuk Sobat Mulia yang memiliki target jangka panjang atau sebagai jaminan masa depan. Namun, Anda perlu mewaspadai akan adanya kemungkinan investasi Emas palsu. Untungnya, Anda tidak perlu khawatir akan terkecoh dengan adanya Emas palsu. Karena, dengan mengetahui sifat-sifat Emas berikut bisa menjadi cara membedakan emas asli dan palsu.

Emas Asli Tidak Bersifat Magnetis

Salah satu ciri-ciri Emas yang bisa dijadikan sebagai patokan cara membedakan Emas asli dan palsu adalah ia tidak bersifat magnetis. Ya, berbeda dari besi, nikel, kobalt, dan jenis logam lainnya, Emas tidak memiliki partikel magnetik di dalamnya. Tentunya, berbeda dengan jenis Emas palsu yang sudah pasti terdapat kandungan berbagai macam logam di dalamnya. Sehingga, cara membedakan antara Emas asli dengan yang palsu bisa dilakukan dengan mendekatkan magnet pada logam mulia yang Sobat Mulia miliki. Apabila magnet tersebut tertarik dan menempel pada badan Emas, maka bisa dipastikan produk Emas tersebut adalah palsu.

Emas Asli Tidak Bersifat Korosif

Berbeda dari jenis logam seperti perak atau besi yang mengalami oksidasi dan berkarat, Emas murni tidak memiliki sifat korosif. Bagaimana dengan Emas palsu? Emas palsu tidak hanya memiliki kadar Emas yang terlalu rendah. Seringkali, Emas tersebut hanya ada dalam bentuk bahan pelapis yang bisa luntur seiring dengan berjalannya waktu. Ada beberapa cara yang bisa Sobat Mulia lakukan untuk mengetes apakah Emas batangan yang dimiliki benar-benar murni atau bukan. Cara untuk mengetahuinya bisa dengan menggosokkan Emas tersebut pada lengan Anda. 

Tidak Bau Amis

Emas Asli tidak akan mengeluarkan aroma amis berbeda dengan logam kuningan atau tembaga yang berbau amis atau bau karatan. Meskipun sering dipakai, terkena air atau bahkan direndam air dalam kurun waktu yang lama maka tidak akan terjadi apapun selama yang dilakukan pengujian tersebut adalah emas asli.

Emas Merupakan Logam Lunak

Satu hal yang seringkali tidak disadari, terutama bagi penggemar perhiasan Emas adalah, logam mulia ini merupakan jenis logam lunak. Ya, Emas murni memang tergolong sangat mudah untuk dibentuk. Di sisi lain, hal tersebut mengakibatkan Emas murni kurang ideal untuk digunakan sebagai perhiasan. Karena, struktur Emas yang lunak membuatnya sangat mudah berubah bentuk dan membuat perhiasan kurang awet. Oleh karena itu, biasanya akan ada campuran logam lain, seperti perak, platinum, dan lain-lain untuk memperkuat perhiasan tersebut.

Sedangkan, pada Emas murni dengan kadar 99.99%, sudah bisa dipastikan bahwa Emas batangan tersebut lunak. Anda bahkan bisa mengetes kemurniannya dengan menggigit sedikit area dari Emas batangan tersebut. Apabila setelah digigit terdapat bekas gigitan maka bisa dipastikan Emas tersebut asli. Sedangkan, apabila tidak ada bekas gigitan yang tertinggal, maka Emas tersebut merupakan Emas campuran.

Itulah beberapa cara membedakan Emas asli dan palsu. Untuk menghindari resiko Emas palsu, Anda sangat direkomendasikan untuk membeli Emas ANTAM LM dengan datang langsung ke BELM yang sudah tersedia di 12 kota besar di Indonesia. Atau, Sobat Mulia juga bisa melakukan pembelian Emas secara online melalui linktree resmi Logam Mulia. Satu lagi hal yang wajib dilakukan adalah memantau perkembangan harga Emas secara rutin sebelum melakukan pembelian maupun buyback.

Apabila Sobat Mulia mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan saat akan membeli produk Emas ANTAM LM secara online, silakan menghubungi nomor 0804-1-888-888. Anda juga bisa mengirimkan email ke [email protected]. Selain itu, layanan bantuan pelanggan ini juga bisa diakses melalui aplikasi Whatsapp. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu chat ke nomor 0811-1002-002 (chat only) dan akan tersambung dengan ALMIRA. Asisten virtual ANTAM LM ini akan membantu Sobat Mulia dengan memberikan panduan maupun informasi yang dibutuhkan.

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.