Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Ini Alasan Mengapa Harga Emas Mahal dan Berharga
NEWS

Ini Alasan Mengapa Harga Emas Mahal dan Berharga

17 Jul 2023
Share:

''

Zaman boleh berganti dan standar ukuran kekayaan pun tentunya berbeda-beda di kalangan masyarakat. Namun, emas sudah menjadi bahan yang melambangkan keagungan dan kejayaan sekaligus kemakmuran sampai saat ini, Emas memang seakan tidak pernah kehilangan nilainya. Berbeda dengan mata uang yang mengalami devaluasi seiring waktu, Emas justru mengalami peningkatan nilai yang membuat harganya semakin mahal. Lalu, apa saja alasan mengapa harga Emas mahal dan berharga?

Emas adalah Logam Mulia yang Masih Sangat Langka

Dibandingkan jenis logam lainnya, seperti perak, tembaga dan lain-lain, Emas termasuk logam mulia yang cukup langka. Letaknya yang berada cukup jauh di perut bumi memang membuat para penambang harus menggali lebih dalam untuk menemukan logam mulia ini. Selain itu, pertambangan Emas juga belum terlalu banyak.

Menurut situs gold.org, terdapat sekitar 45 negara yang memiliki tambang Emas. Termasuk, salah satunya di Indonesia. Biaya yang dikeluarkan untuk mengolah Emas juga sangat besar. Sehingga, tentunya sangat masuk akal apabila ketersediaan Emas batangan murni masih terbatas dan membuat harganya sangat mahal.

Emas Memiliki Ketahanan yang Luar Biasa

Aspek lainnya yang membuat harga Emas semakin mahal adalah karena ia merupakan logam mulia dengan ketahanan yang tinggi. Berbeda dari jenis logam perak, tembaga yang akan mengalami korosi dan besi yang akan berkarat. Karena tidak awet, tak heran jika logam-logam tersebut pun akan mengalami penurunan nilai seiring dengan waktu.

Berbeda dengan Emas, yang walaupun disimpan selama bertahun-tahun tidak akan mengalami penurunan kualitas. Sehingga, tak mengherankan jika banyak kalangan masyarakat yang menyimpan Emas sebagai salah satu harta berharga yang tidak akan lekang dimakan waktu.

Emas Identik dengan Kesan Megah

Selama ratusan tahun, Emas merupakan logam yang banyak digunakan sebagai bahan perhiasan maupun objek kekayaan bagi keluarga kerajaan selama turun-temurun. Bahkan, bisa jadi hal itulah yang membuat Emas menjadi salah satu jenis “logam mulia”. Tak hanya itu, Emas pada masa lalu juga menjadi salah satu alat tukar perdagangan yang paling umum. Pada era kerajaan, koin-koin Emas umumnya memiliki cap kepala Raja yang memerintah saat itu.

Di masa modern, Emas tetap menjadi komoditas berharga untuk menjaga nilai dari suatu harta. Terutama, saat masa resesi ekonomi banyak orang yang memutuskan untuk mengalihkan sejumlah harta kekayaan mereka ke dalam bentuk Emas murni.

Emas Tidak Dapat Dicetak

Untuk mengatasi permasalahan ekonomi, tak jarang pemerintah akan membuat kebijakan kontroversial yaitu mencetak lebih banyak uang untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Namun, tentu saja keputusan tersebut justru akan mengakibatkan lonjakan inflasi yang berujung pada pengikisan nilai mata uang. Pada kondisi seperti itu, kekayaan dalam bentuk uang sebanyak apapun seakan tidak ada nilainya.

Berbeda dari mata uang kertas yang bisa dicetak dengan sangat mudah, Emas merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diproduksi secara massal dalam jumlah yang banyak sekaligus. Proses penambangan serta pengolahan Emas yang memakan waktu dan biaya tentunya menyebabkan pihak yang berwenang tidak bisa seenaknya memproduksi dan mendistribusikan Emas. Seandainya inflasi terjadi, justru nilai Emas akan meningkat. Sehingga, tak heran jika Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diandalkan saat terjadi resesi ekonomi.

Demikianlah beberapa alasan mengapa harga Emas mahal. Tentunya, tidak ada kata terlambat bagi Sobat Mulia yang ingin mulai berinvestasi Emas. Apalagi, saat ini Anda bisa membeli Emas ANTAM LM murni dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa melakukan pembelian Emas secara online melalui linktree Logam Mulia atau dengan datang langsung ke gerai BELM yang terdekat. Jangan lupa untuk memantau pergerakan harga Emas setiap hari sehingga Anda bisa memutuskan waktu yang tepat untuk mulai beli Emas atau melakukan buyback.

Layanan Call Center 0804-1-888-888 siap membantu Sobat Mulia yang mengalami kesulitan saat ingin mengakses layanan PT. ANTAM Tbk. Layanan pelanggan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Whatsapp dengan menghubungi nomor virtual assistant ALMIRA di nomor 0811-1002-002 (chat only). Layanan bantuan juga bisa Anda akses dengan mengirimkan email ke [email protected]

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.