Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Rekor Baru Harga Emas Juli 2024, Kamu Jual atau Beli?
NEWS

Rekor Baru Harga Emas Juli 2024, Kamu Jual atau Beli?

24 Jul 2024
Share:

''

Yo, Sobat Mulia! di awal Juli 2024, harga emas kembali naik gila-gilaan. Nggak tanggung-tanggung, dari yang biasanya di level 2.300-an dolar per troy ounce (toz), sekarang melesat ke 2.480-an/toz. Kenapa sih bisa naik setajam itu? Trus kita harus gimana? Jual emas biar dapet cuan, atau beli lagi buat nambah aset? atau malah kamu belum punya emas? kita bahas yuk!

Ternyata, ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga komoditas mengilap ini secara global diantaranya adalah perkembangan ekonomi di negara-negara maju seperti inflasi dan pasar tenaga kerjanya serta dan situasi geopolitik lainnya.

Emang ada apa sih?

Intinya kondisi-kondisi ekonomi yang terjadi di dunia akhir-akhir ini. Sebut saja Bank Sentral Amerika (The Fed). Dia bilang inflasinya turun. Dari hasil rapat FOMC (Federal Open Market Committee) bulan Juni, Bank Sentral Amerika (The Fed) ngasih sinyal kalau inflasi mulai turun. Hal ini membuka peluang The Fed buat menurunkan suku bunga di masa depan.

Selain itu disebutkan bahwa pasar tenaga kerja di negeri Paman Sam lemah. Analis mengira data NonFarm Payroll AS yang bakal rilis bentar lagi bakal ngelihatin pasar tenaga kerja yang loyo. Lemahnya pasar tenaga kerja ini bisa mendorong The Fed buat nurunin suku bunga, ini juga memberi pengaruh ke pergerakan harga emas.

Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian, banyak orang yang beralih ke emas buat mengamankan kekayaan mereka. Emas kayak aset safe haven gitu loh, di mana orang-orang berbondong-bondong beli emas saat situasi lagi tidak menentu.

Gimana di Indonesia?

Kenaikan harga emas global juga berimbas ke harga emas di Indonesia. Per 17 Juli 2024, harga emas ANTAM Logam Mulia mencapai rekor tertinggi di level Rp1.420.000 per gram. Faktor-faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah harga emas dunia naik dan faktor pelemahan nilai tukar rupiah.

Kamu bisa lihat secara history pergerakan harga emas ANTAM Logam Mulia di website www.logammulia.com. Berikut ini gambarannya:

Trus kita harus gimana?

Kembali lagi tergantung pada keinginan dan kebutuhanmu. Kamu memiliki tiga pilihan: menambah aset dengan membeli lebih banyak emas, menjual sedikit untuk merasakan keuntungan atau untuk upgrade smartphone, atau biarkan asetmu tumbuh secara diam-diam.

Bagi yang berpikir untuk menambah aset, saat ini bisa menjadi waktu yang tepat. Emas dikenal sebagai investasi yang sangat solid untuk jangka panjang. Ketika inflasi tinggi dan situasi ekonomi tidak menentu, emas dapat membantu melindungi nilai kekayaanmu. Seperti pahlawan super, banyak orang beralih ke emas di masa-masa ketidakpastian.

Namun, jika kamu membutuhkan dana cepat atau ingin merasakan keuntungan dari kenaikan harga emas, menjual sebagian emas juga merupakan pilihan bijak. Dengan harga emas mencapai rekor tertinggi baru-baru ini, ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil keuntungan. Hasil penjualan emas bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mendesak seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, atau untuk upgrade smartphone. Dengan memanfaatkan emasmu seperti ini, kamu dapat memenuhi kebutuhan penting tanpa perlu meminjam uang atau menjual aset lain.

Perhatikan tren harga emas dalam 10-15 tahun terakhir ini; harga terus meningkat. Dari $800 per ons troy pada tahun 2008, emas telah melambung hingga mencapai rekor tertinggi $2.480 per ons troy pada 17 Juli 2024. Dalam kondisi ekonomi dan geopolitik yang tidak pasti seperti sekarang, emas tetap menjadi pilihan investasi yang solid dan aman untuk jangka panjang. Jadi, teruslah memantau dan ambil langkah bijak dalam mengelola aset emasmu!

Belinya dimana?

Langsung saja ke Butik Emas Logam Mulia (BELM) yang terdekat. BELM ini seperti toko emas resmi dari ANTAM. Jika di kota tempat tinggalmu tidak ada BELM, jangan khawatir kamu bisa beli di situs resmi www.logammulia.com dan bisa diantar sampai tujuan yang kami inginkan. Emas Logam Mulia ANTAM mudah dibeli dan dijual, serta dapat diperdagangkan dengan mudah di berbagai tempat. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin menjual emasmu.

ANTAM mengoperasikan 15 BELM di 12 kota di Indonesia. Jika perlu bantuan atau informasi lebih lanjut, bisa menghubungi ALMIRA via WhatsApp di nomor 0811-1022-002. Berikut adalah daftar lengkap BELM toko emas resmi ANTAM.

  1. Butik Emas LM – Balikpapan
  2. Butik Emas LM – Bandung
  3. Butik Emas LM – Denpasar
  4. Butik Emas LM - Gading Serpong
  5. Butik Emas LM - Gedung Antam
  6. Butik Emas LM – Graha Dipta
  7. Butik Emas LM – Makassar
  8. Butik Emas LM – Medan
  9. Butik Emas LM – Palembang
  10. Butik Emas LM – Pekanbaru
  11. Butik Emas LM – Semarang
  12. Butik Emas LM - Setiabudi One
  13. Butik Emas LM - Surabaya Darmo
  14. Butik Emas LM - Surabaya Pakuwon
  15. Butik Emas LM - Yogyakarta

Tiga Tips buat kamu

Sebelum kamu memutuskan buat berinvestasi emas, penting banget buat melakukan riset terlebih dahulu dan memahami risikonya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Investasikan Secara Berkala: Investasikan emas secara berkala, misalnya setiap bulan, untuk meminimalisir risiko membeli di harga puncak.
  • Diversifikasi Portofolio: Jangan hanya berinvestasi di satu jenis aset. Diversifikasikan portofolio kamu dengan berinvestasi di berbagai jenis aset, seperti saham, obligasi, emas, dan jenis investasi lainnya yang sesuai dengan risk appetite kamu.
  • Konsultasi dengan Ahli: Jika kamu masih ragu, konsultasikan dengan financial expert untuk mendapatkan saran yang tepat.

Jadi, emas merupakan aset investasi yang menarik dengan potensi keuntungan yang menjanjikan. Namun, penting untuk melakukan riset dan memahami risikonya sebelum berinvestasi. Dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, emas dapat menjadi aset yang berharga dalam portofolio investasi kamu.

So, tunggu apa lagi? Yuk, mulai investasi emas sekarang!
 

###

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.