Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Ini Contoh Laporan Keuangan Pribadi Sebelum Investasi
NEWS

Ini Contoh Laporan Keuangan Pribadi Sebelum Investasi

14 Jul 2023
Share:

''

Bagi Sobat Mulia yang memiliki rencana jangka panjang untuk masa depan, investasi Emas menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut. Investasi Emas memang sangat minim resiko dan sangat diminati. Namun, tak jarang cukup banyak orang yang gagal saat ingin berinvestasi Emas. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak memiliki rencana keuangan yang baik. Investasi Emas merupakan jenis investasi berjangka menengah dan panjang, yang keuntungannya akan terlihat setelah mencapai masa 3 tahun ke atas. Agar niat berinvestasi Emas lancar, Sobat Mulia perlu untuk memiliki laporan keuangan pribadi terlebih dulu. Berikut adalah ulasan contoh laporan keuangan yang bisa dipraktekkan sebelum berinvestasi Emas.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Sebelum melihat contoh laporan keuangan, Sobat Mulia wajib tahu definisinya terlebih dulu. Laporan keuangan adalah catatan yang berisi nominal sumber pendapatan beserta dengan jumlah pengeluaran yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari atau bulanan. Dengan adanya catatan keuangan, Sobat Mulia jadi mendapatkan gambaran jelas mengenai aliran pendapatan dan pengeluaran. Selain itu, membuat laporan keuangan juga memberikan manfaat lainnya, terutama bagi Sobat Mulia yang ingin berinvestasi Emas.

Manfaat Membuat Laporan Keuangan

Apa saja manfaat yang bisa Sobat Mulia dapatkan dengan membuat laporan keuangan pribadi? Simak ulasannya berikut:

Membantu Memetakan Pendapatan dan Pengeluaran

Tanpa adanya laporan keuangan, seringkali Anda akan mengalami kesulitan dalam melacak arus pendapatan dan arus pengeluaran. Jumlah pemasukan dan pengeluaran yang tidak jelas dan tidak tercatat seringkali memicu gaya hidup yang boros. Dengan adanya laporan keuangan, tentunya Anda jadi mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dengan rinci. Sehingga Sobat Mulia jadi bisa mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik lagi.

Mempersiapkan Dana Darurat

Keuntungan lainnya yang bisa didapat dari membuat laporan keuangan adalah Sobat Mulia jadi lebih mudah dalam mengalokasikan dana darurat. Memiliki dana darurat tentunya sangat penting, terutama untuk mengantisipasi adanya keadaan yang tidak diinginkan yang bisa datang sewaktu-waktu. Adanya catatan laporan keuangan bisa memudahkan Anda saat menghitung jumlah pengeluaran dan menyisihkan sebagian dana untuk kebutuhan dana darurat secara teratur.

Mengalokasikan Dana untuk Investasi

Bagi Sobat Mulia yang ingin berinvestasi Emas, memang disarankan untuk membuat laporan keuangan terlebih dulu. Dengan demikian, Sobat Mulia bisa mengetahui pengalokasian dana yang tepat untuk berinvestasi Emas. Pastikan bahwa jumlah alokasi dana tersebut tidak mengganggu pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga, Sobat Mulia bisa berinvestasi Emas secara lebih disiplin.

Untuk mengetahui alokasi dana investasi Emas yang sesuai, Sobat Mulia dapat memantau perkembangan harga Emas secara rutin. Karena, harga Emas memang cenderung bersifat fluktuatif, alias berubah-ubah. Misalnya, berpatokan pada situs resmi Logam Mulia, harga Emas ANTAM LM hari ini berada pada nominal Rp581.000 untuk Emas batangan 0,5 gram. Memantau perkembangan harga Emas juga penting apabila Sobat Mulia ingin melakukan penjualan Emas, atau buyback.

Evaluasi Kondisi Keuangan

Sobat Mulia mengalami kesulitan untuk menabung atau menyisihkan dana untuk investasi Emas? atau, Anda merasa pengeluaran bulanan terasa sangat boros hingga gaji habis di pertengahan bulan? Jika ini terjadi pada Anda, maka itu menjadi pertanda untuk segera membuat laporan keuangan. Mencatat pemasukan dan pengeluaran secara teratur dan detail dapat membantu Anda dalam mengevaluasi kondisi keuangan setiap bulan. Dari catatan keuangan tersebut, Sobat Mulia bisa mendeteksi pengeluaran yang bisa ditekan maupun mencari solusi dengan cara menambah pemasukan.

Contoh Laporan Keuangan

Setelah mengetahui manfaat dari memiliki catatan keuangan pribadi, yuk simak contoh laporan keuangan sederhana berikut ini:

Laporan Keuangan Pribadi

Nama: Ami

Pekerjaan: Pegawai bank dan freelancer

No

Tanggal

Keterangan

Jumlah

Saldo

Debit

Kredit

1

8 Juli

  Uang gaji

  Rp5.000.000

 

  Rp5.000.000

2

11 Juli

 Investasi Emas   ANTAM LM

 

  Rp1.062.000

  Rp3.938.000

3

16 Juli

 Bayar token listrik

 

  Rp200.000

  Rp3.738.000

4

16 Juli

 Beli air mineral galon

 

  Rp50.000

  Rp3.688.000

5

17 Juli

 Beli skincare

 

  Rp200.000

  Rp3.488.000

6

20 Juli

 Honor freelance

  Rp300.000

 

  Rp3.788.000

7

25 Juli

 Dana darurat

 

  Rp1.000.000

  Rp2.788.000

Demikianlah contoh laporan keuangan sederhana yang bisa Sobat Mulia jadikan sebagai inspirasi. Tentunya, contoh di atas bisa disesuaikan dengan catatan keuangan Anda sendiri. Apakah Sobat Mulia sudah tahu berapa besar biaya yang bisa dialokasikan untuk investasi Emas ANTAM LM? Anda bisa membeli Emas ANTAM LM untuk investasi dengan mendatangi BELM terdekat, maupun secara online dengan klik tautan linktree resmi Logam Mulia.

Apabila Anda memerlukan bantuan, jangan ragu-ragu untuk mengontak hotline Call Center 0804-1-888-888. Untuk pengguna Whatsapp, bisa menghubungi asisten virtual ANTAM LM yaitu ALMIRA di nomor 0811-1002-002 (chat only). Selain itu, Anda juga bisa mengakses layanan bantuan yang disediakan dengan mengirimkan email ke [email protected].

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.