Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Yuk, Hindari Kesalahan Saat Akan Investasi Emas
NEWS

Yuk, Hindari Kesalahan Saat Akan Investasi Emas

17 May 2023
Share:

''

Investasi Emas memang menjadi salah satu investasi yang paling digemari oleh masyarakat. Nilai Emas tergolong lebih stabil dan bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, resiko berinvestasi Emas juga rendah, sehingga sangat ideal bagi Sobat Mulia yang ingin mulai berinvestasi untuk masa depan. Namun, investasi Emas tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Agar benar-benar bisa memberikan keuntungan berjangka panjang, ada beberapa hal yang perlu Sobat Mulia ketahui sebelum berinvestasi Emas. Salah satunya adalah Anda perlu menghindari kesalahan saat akan berinvestasi Emas berikut ini.

Tidak Memastikan Kemurnian Emas

Salah satu kesalahan saat akan berinvestasi Emas yang paling umum adalah tidak memastikan kemurnian Emas yang dibeli. Misalnya, Anda tergiur dengan penawaran harga Emas yang sangat murah dibandingkan dengan harga Emas rata-rata. Padahal, Emas yang dibeli dengan harga murah bisa jadi merupakan Emas palsu atau Emas yang tidak murni. Nilai dari logam mulia ini memang dinilai dari kadar kemurnian Emas. Apabila terdapat bahan campuran di dalamnya (seperti tembaga, perak, dan lain sebagainya), maka secara otomatis hal tersebut akan membuat nilai Emas tersebut berkurang. Apalagi kalau yang Anda beli adalah emas Palsu dimana bahan dari emas palsu ini dibuat dari logam lain yang dilapisi oleh emas atau kuningan sehingga menyerupai seperti emas. Dengan membeli emas palsu tentu kerugian yang akan terjadi menjadi jauh lebih besar. Anda dapat menonton video youtube cara membedakan emas Asli dan emas Palsu di Channel Youtube ANTAM Logam Mulia melalui link berikut https://www.youtube.com/watch?v=dTtt5GiALcQ

Emas dengan tingkat kemurnian 99,99% adalah yang paling ideal digunakan sebagai instrumen investasi. Untuk menghindari kerugian investasi akibat Emas palsu atau Emas yang tidak murni, ada baiknya Anda membeli Emas melalui pihak resmi. Misalnya, bagi Anda yang ingin berinvestasi Emas ANTAM LM dapat langsung datang ke BELM ANTAM terdekat yang ada di 12 kota besar di Indonesia. Atau, Anda juga bisa membeli Emas secara online melalui Linktree Logam Mulia. Kalau misalnya anda ingin membeli Emas Antam LM di toko emas terdekat di kota Anda, pastikan anda mengecek keaslian dari emas yang anda beli tersebut. Untuk emas certicard, anda cukup scan certicode yang ada pada kemasan Emas Certicard tersebut menggunakan aplikasi CertiEye, namun apabila anda membeli emas Antam model klasik/retro, anda dapat mengecek keasliannya dengan mengikuti cara-cara yang telah kami sampaikan sebelumnya melalui video youtube diatas.

Berinvestasi Jenis Emas yang Kurang Sesuai

Perhiasan Emas diminati bukan hanya karena desainnya yang sangat indah dan mempercantik penampilan. Perhiasan Emas juga memiliki nilai investasi. Sehingga tak heran apabila banyak kalangan masyarakat yang menggunakan perhiasan Emas untuk investasi. Namun, ternyata perhiasan Emas kurang bisa diandalkan apabila Anda ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan di dalam perhiasan Emas sudah pasti terdapat campuran logam lainnya.

Campuran logam tersebut memang dibutuhkan agar perhiasan Emas lebih mudah dibentuk, ringan saat dikenakan, dan awet. Namun, semakin banyak campuran logam di dalam perhiasan tersebut, maka akan semakin jatuh pula nilai dari perhiasan Emas tersebut saat dijual. Kadar kemurnian Emas bisa dilihat dari nominal karatnya.

Misalnya, umumnya perhiasan Emas yang paling banyak beredar adalah yang memiliki kadar 18K – 22K. Menurut SNI 8880-2020, perhiasan Emas dengan kadar karat 18K memiliki kemurnian Emas mencapai 75%. Sedangkan perhiasan dengan kadar 22K memiliki kadar kemurnian Emas hingga 91,70%. Namun, nilai investasi tertinggi jatuh pada Emas dengan kadar kemurnian 99.99% yang hanya dimiliki oleh Emas batangan. Emas batangan memiliki nilai yang lebih stabil dan sangat bisa diandalkan untuk investasi berjangka panjang.

Tujuan Investasi yang Salah

Kesalahan lainnya saat akan berinvestasi Emas adalah Anda menentukan tujuan yang kurang tepat. Dalam hal ini, banyak orang yang menggunakan Emas sebagai instrumen investasi jangka pendek. Padahal, untuk bisa benar-benar mendapatkan keuntungan investasi Emas, Anda harus melakukan buyback di saat yang tepat. Saat yang sesuai itu adalah saat harga buyback melampaui spread dari harga beli. Dalam jangka pendek, margin antara harga buyback masih terlalu berdekatan dengan harga saat Anda membeli Emas. Apabila Sobat Mulia melakukan buyback saat itu, sudah pasti Anda akan merugi.

Biasanya, Spread antara harga beli dan buyback Emas baru bisa terlampaui dalam kurun waktu minimal 3 tahun, kecuali dalam kondisi-kondisi tertentu seperti adanya COVID-19 yang lalu. Dengan kata lain, investasi Emas memang tidak diperuntukkan untuk investasi jangka pendek. Jenis investasi Emas memang lebih ideal digunakan untuk jenis tujuan jangka menengah dan jangka panjang, misalnya untuk membeli rumah beserta isinya, biaya sekolah anak, biaya menikah, dan tabungan hari tua. Agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal, jangan lupa untuk mengecek perkembangan harga Emas hari ini sebelum melakukan buyback maupun pembelian Emas.

Tidak Memiliki Dana Darurat Saat Investasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, investasi Emas merupakan investasi berjangka menengah dan panjang. Sehingga, Anda tidak bisa mengandalkannya sebagai dana darurat yang bisa diputar atau digunakan dengan cepat setelah dilakukan pembelian. Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh seseorang yang berinvestasi Emas adalah mereka cenderung membeli Emas dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan, seringkali mereka hanya menyisakan sedikit uang tunai yang hanya cukup kebutuhan hidup sehari-hari.

Alhasil, saat terjadi kondisi darurat yang membutuhkan uang, ia akan merasakan panik karena tidak ada uang yang tersisa. Itulah mengapa sebaiknya Sobat Mulia membeli Emas menggunakan dana khusus yang disisihkan dari dana untuk kebutuhan pribadi dan darurat. Pastikan bahwa dana untuk investasi Emas tersebut tidak akan mengganggu biaya operasional sehari-hari.

Semoga ulasan mengenai kesalahan saat akan investasi Emas membuat Sobat Mulia menjadi lebih bijak saat akan berinvestasi. Bagi Anda yang sudah siap untuk berinvestasi Emas bisa mencari tahu lebih banyak mengenai produk Emas ANTAM LM untuk investasi melalui situs resmi Logam Mulia. Anda juga bisa menghubungi Call Center 0804-1-888-888 atau mengirimkan email pengaduan ke [email protected] apabila mengalami kesulitan saat akan bertransaksi Emas ANTAM LM. Untuk kemudahan, tersedia juga layanan Pelanggan ALMIRA (ANTAM LM Virtual Assistant) di nomor 0811-1002-002 yang bisa diakses melalui aplikasi Whatsapp (chat only).

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.