Tutup Menu

Hello!

Apa yang ingin Anda cari?

Perang Rusia vs Ukraina dan Pengaruhnya Terhadap Harga Emas
NEWS

Perang Rusia vs Ukraina dan Pengaruhnya Terhadap Harga Emas

12 Apr 2023
Share:

''

Konflik antara Rusia dan Ukraina yang berlangsung sejak tanggal 24 Februari 2022 memang membuat gempar. Terlebih lagi, kondisi perekonomian dunia masih belum pulih pasca pandemi COVID-19 yang sudah merajalela selama kurang lebih 2 tahun. Invasi Rusia ke Ukraina sudah pasti makin mengguncang kondisi perekonomian dan geopolitik dunia. Terlebih lagi, disusul dengan meningkatnya harga komoditas pokok sebagai imbas dari konflik tersebut. Namun, di tengah-tengah kondisi ketegangan geopolitik, hal yang menarik justru terlihat dari sektor investasi Emas. Penasaran mengenai perang Rusia vs Ukraina dan pengaruhnya terhadap harga Emas? Simak penjelasannya berikut ini, yuk.

Perkembangan Harga Emas Selama Perang Rusia vs Ukraina

Salah satu sifat Emas yang membuatnya menjadi alat investasi populer adalah logam mulia ini berfungsi sebagai safe haven. Dalam kondisi perang, harga-harga produk pada umumnya akan meningkat secara pesat. Nilai mata uang pun seakan tidak ada artinya. Namun, hal tersebut berbeda dengan Emas. Logam mulia ini justru mengalami peningkatan nilai di tengah-tengah kondisi geopolitik yang tidak stabil. Salah satu hal yang memicu penguatan harga Emas adalah kondisi peperangan. Dengan adanya peperangan antar negara yang mana seringkali tidak hanya melibatkan negara-negara yang terlibat langsung dalam perang tersebut, tetapi juga melibatkan proxy masing-masing, ini memicu ketegangan dan kekhawatiran akan munculnya perang yang lebih besar lagi yang pada akhirnya akan membuat kondisi ekonomi di banyak negara semakin terpuruk di tengah kondisi ekonomi yang belum kembali pulih pasca COVID-19.

Disadur dari Kompas.com, trend harga Emas mengalami lonjakan pesat ke level 1,976 dolar AS per troy ounce, pada bulan Februari yang terjadi saat Rusia meluncurkan serangan militer ke Ukraina. Fenomena yang sama juga terjadi pada pasar Emas di Indonesia dimana pasar emas Indonesia secara umum mengikuti harga emas dunia. Pada bulan tersebut, Emas ANTAM LM mengalami peningkatan ke harga Rp 994.000 dari level permulaannya yang hanya sekitar Rp 974.000 per gram. Dengan kata lain, harga Emas ANTAM LM saat Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina mengalami peningkatan harga sebanyak Rp 20.000 per gram.

Namun, melihat Amerika Serikat yang tidak meresponse invasi Amerika ke Ukraina menggunakan tindakan militer balasan membuat harga Emas mulai menyusut kembali, ditambah lagi pada saat yang bersamaan, Amerika Serikat sedang sangat agresif menaikkan suku bunga Bank Central The FED yang memberikan tekanan tambahan terhadap harga emas. Tercatat, harga Emas di pasar spot saat penutupan perdagangan di tanggal 25 Februari 2022 menyentuh level 1.889,34 dolar AS. Sedangkan, pada pasar Emas nasional, terlihat harga Emas ANTAM LM kembali menyusut ke angka Rp 969.000 pada hari Sabtu tanggal 26 Februari 2022. Namun, pada saat itu, banyak pakar berpendapat bahwa masih ada potensi harga Emas kembali mengalami penguatan apabila konflik antara Rusia dan Ukraina terus memanas.

Selama bulan Desember 2022, harga Emas mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Pada triwulan 2023 sampai dengan awal Maret 2023, harga Emas ANTAM LM tercatat bertahan di angka Rp 1.100.932 (menggunakan NPWP) untuk gramasi 1 gram. Hal ini bisa terjadi dikarenakan The Fed yang menjadi bank sentral Amerika Serikat memberlakukan kenaikan suku bunga agresif yang mengakibatkan pelemahan terhadap harga Emas.

Namun, sejak pertengahan Maret 2023 sampai dengan bulan April 2023 ini, harga emas kembali ke jalur uptrendnya semenjak kejatuhan 3 bank besar di Amerika yaitu Silicon Valley Bank (SVC), Signature Bank dan Silvergate Bank yang memicu kekhawatiran akan kondisi ekonomi Amerika Serikat yang masih sangat rentan efek dari COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina akan kembali masuk ke jurang resesi. Apabila situasi peperangan antara Rusia dan Ukraina yang masih terus berkobar, dikhawatirkan akan makin banyak Bank-bank besar di Amerika yang menyusul kejatuhan 3 bank sebelumnya. Hal ini juga menjadi dasar banyak ahli-ahli ekonomi dunia yang memprediksi harga emas bisa menembus level 3.000 – 4.000 dolar AS per troy ounce atau setara 1,5 – 2 juta Rupiah per gram.

Mengetahui perkembangan geopolitik memang sangat penting apabila Sobat Mulia berencana untuk berinvestasi Emas. Hal ini dikarenakan kondisi geopolitik di dunia memang menjadi salah satu faktor yang menentukan naik-turunnya harga Emas. Dengan mengetahui perkembangan harga Emas hari ini, Anda bisa mengetahui kapan momen yang tepat untuk membeli Emas maupun melakukan buyback

Semoga ulasan mengenai perang Rusia vs Ukraina dan pengaruhnya terhadap harga Emas memberikan informasi yang berharga untuk Anda. Tahun 2023 merupakan momen yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi Emas. Terlebih lagi, dengan trend harga Emas yang saat ini mulai kembali ke jalur uptrendnya. Manfaatkan peluang tersebut dengan beli Emas ANTAM LM baik dengan datang langsung ke BELM (Butik Emas ANTAM LM) terdekat atau bisa juga melakukan pemesanan daring melalui situs https://logammulia.com/id. Anda juga bisa mengunjungi tautan Linktree dan melakukan pembelian Emas secara daring. Apabila Sobat Mulia membutuhkan bantuan atau pengaduan terkait seputar informasi mengenai ANTAM LM bisa langsung menghubungi Call Center 0804-1-888-888, Whatsapp Layanan Pelanggan ALMIRA (ANTAM LM Virtual Assistant) di nomor 0811-1002-002 (only chat) atau mengirimkan email ke [email protected].

Berita dan Promo

Semua informasi terkini, kegiatan, promo dan penawaran menarik lainnya dari ANTAM Logam Mulia.